Klik NTB - Berita Indonesia Hari Ini | Untuk Pemasangan Iklan Hubungi 081915618200

BKTM Polsek Sambelia Bersama PolHut Bantu Damkar Berjibaku Padamkan Api Dilahan Warga

Miq Ayoq : Program Penataan Kawasan Wisata Ekas belum ada Sosialiasi
Juni 27, 2021

KLIKNTB.COM, Lombok Timur – Bhabinkamtibmas (BKTM) Desa Obel-Obel Aipda Marwin bersama BKTM Desa Dara Kunci Bripka L. Moh. Suriyadi, jajaran Polsek Sambelia, dengan sigap membantu PolHut RPH Belanting dan personil damkar yang sedang memadamkan api yang melahap lahan warga di Dusun Mentareng, Desa Obel – obel Kecamatan Sambelia, pada hari Kamis (05/08).

Dari kronologis kejadiannya, seperti yang disampaikan Kapolsek Sambelia Iptu Ahmad Yani, kepada awak media, Kebakaran dilahan warga Desa atas nama Muliadi ini diketahui oleh BKTM setempat setelah ada laporan dari salah seorang Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Desa Obel-obel atas nama Sukrin.

Atas laporan tersebut, BKTM langsung menghubungi Damkar kecamatan sambelia dan Kapolsek Sambelia. Mendengar hal tersebut, Kapolsek langsung memerintahkan anggota jaga untuk ikut membantu personel Damkar dan PolHut untuk memadamkan api tersebut.

Saat di lokasi, sekira pukul 15.00 WITA, personel Damkar dibantu anggota Polsek Sambelia bersama anggota PolHut dan masyarakat setempat berjibaku memadamkan api agar tidak semakin meluas.

Atas upaya ini, sekira pukul 19.45 WITA, sebagian api berhasil dipadamkan. Namun mengingat keselamatan para petugas dengan pertimbangan lokasi kebakaran yang berbukit-bukit dengan lereng yang terjal dan banyak bebatuan sehingga aktivitas pemadaman terpaksa dihentikan.

Kendati demikian, beberapa warga bersama petugas tetap melakukan pemantauan di lokasi tersebut. Kegiatan pemadaman ini dipimpin langsung personel Polsek Sambelia Aipda Marwin  (BKTM Obel Рobel) dan Bripka L. Moh. Suriyadi (BKTM Dara Kunci) yang tergabung dari Personil Damkar 7 Orang dan Personil RPH Belanting 3 Orang dan TSBD Obel Рobel 4 Orang.

Karena kokasi kebakaran juga jauh dari pemukiman warga sehingga kejadian ini tidak mengakibatkan korban jiwa baik dari petugas maupun warga, untuk menghindari kejadian serupa, Kapolsek mengimbau kepada warga untuk tidak melakukan pembakaran di musim kemarau karena hawatir api tidak mampu di kontrol.(klik)

Pasang Iklan