Klik NTB - Berita Indonesia Hari Ini | Untuk Pemasangan Iklan Hubungi 081915618200

Menkeu Beberkan Anggaran Kartu Pra kerja, JKN, Gaji 13 ASN dan Pensiunan, PKL dan  Nelayan, Ini Besarannya

Ulah Rentenir Memaksa MJD Menjadi TKI, Ini Kata ADBMI dan SBMI
Juni 11, 2022
Inilah Besaran Anggaran Subsidi Energi-Nonenergi Untuk UMKM,  Keluarga Miskin dan Petani
Juli 1, 2022

KLIKNTB.COM, Jakarta – Melalui akun facebooknya menteri keuangan republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati pada Kamis (30/06) berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia agar didalam menghadapi pandemi melalui cara saling bahu-membahu membantu sesama.

Upaya itu menurutnya sangat penting, ditambah lagi pada situasi itu juga, pemerintah menggulirkan berbagai program perlindungan sosial senilai 431,5 Triliun rupiah demi mempertahankan daya beli masyarakat, utamanya untuk kelompok miskin dan rentan.

Program-program itu diantaranya…?

  1. Penyaluran PKH bagi 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar 28,7 Triliun rupiah.
  2. Pemberian bantuan sosial melalui kartu sembako bagi 18,8 juta KPM sebesar 45,1Triliun rupiah.
  3. Subsidi Energi dan Nonenergi kepada rumah tangga miskin dan rentan, UMKM, Petani serta transportasi publik sebesar 194,3 Triliun rupiah.
  4. Penerima Bantuan Iuran JKN untuk 96,8 juta peserta sebesar 46,5 Triliun rupiah.
  5. Progam kartu Prakerja bagi 2,9 juta peserta sebesar 11 Triliun rupiah.

Pemerintah juga memberikan Bantuan Tunai PKL Warung dan Nelayan sebesar 1,7 Triliun rupiah, serta mempertebal bantalan sosial sebesar 7,53 Trilun rupiah. untuk melindungi kelompok rentan terhadap dampak kenaikan harga pangan.

Selain itu, Presiden @jokowi juga telah menetapkan pemberian gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan. Kebijakan ini akan melengkapi stimulus yang telah diberikan ke kelompok masyarakat lainnya, terlebih memasuki awal tahun ajaran baru di mana belanja sektor pendidikan meningkat.

Semua ini dikatakannya merupakan bentuk keberpihakan APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) dalam melindungi masyarakat melalui berbagai subsidi dan bantalan sosial. Semoga dengan upaya ini, rakyat Indonesia akan tetap terlindungi dari shock global, pemulihan ekonomi kita pun terus berlanjut.(klik)

Pasang Iklan